Kamis, 25 Januari 2018

PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) PUSKESMAS SENDANG AGUNG




doc.nesya


Kamis, 25 Januari 2018 Puskesmas Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke 58 dengan tema bersama membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi. Tema besar yang digunakan ini merupakan tema pada HGN tahun lalu dengan sub tema cegah stunting. Pemilihan tema ini berkaitan dengan kemandirian keluarga dalam 100 hari pertama kehidupan (HPK) untuk pencegahan stunting yang masih menjadi fokus utama.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Kejadian ini bias terjadi jika bayi sejak dalam kandungan dan pada masa awal kelahiran mengalami kekurangan gizi.
Pada peringatan hari gizi nasional ini, puskesmas sendang agung membuat beberapa rangkaian kegiatan : penyuluhan tentang cegah stunting kepada seluruh wali murid, senam sehat, sarapan bersama dan pemeriksaan kesehatan untuk murid-murid. Kegiatan ini diikuti sekitar 400 murid dari 5 sekolah dasar dan TK serta berkisar 100 orang wali murid.







Dalam sambutan singkatnya, kepala puskesmas sendang agung bapak Ilmu Jadid,S.Kep menerangkan bahwa sudah seharusnya kita membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan pola makan 3B (bergizi, berimbang, dan beragam. Beliau sangat menghimbau kepada wali murid yang hadir untuk fokus memperhatikan gizi anak yang berimbang karena stunting adalah masalah yang harus kita selesaikan bersama.

Penyuluhan tentang stunting diisi oleh dr.Uswatun Hasanah dan bidan purwati. Didalam penyuluhan dr.Uswatun Hasanah dapat disimpulkan bahwa untuk mencegah gizi buruk dan stunting , perlunya kita memberikan asupan nustrisi yang baik pada ibu hamil dan menyusui, memberikan asupan gizi yang baik pada anak serta ASI eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan serta pola hidup bersih sehat. Penyuluhan berjalan dengan sangat baik ditandai dengan seluruh wali murid sangat antusias mengikuti paparan penyuluhan dan aktif bertanya. Hal ini membuktikan bahwa informasi kesehatan sangat diperlukan oleh masyarakat sehingga puskesmas sendang agung berupaya penuh untuk dapat memberikan informasi kesehatan selama pelayanan didalam maupun diluar gedung.

Adapun Nesya Ardella SImamora selaku analis kesehatan puskesmas sendang agung juga merupakan tenaga penugasan khusus individu nusantara sehat menambahkan bahwa langkah pencegahan dan penanganan stunting ini tentu tidak dapat diselesaikan oleh pihak puskesmas sendang agung sendiri, perlu adanya sinergisitas antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi penuh atas pembangunan kesehatan khususnya di kecamatan sendang agung, mengingat permasalahan kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak kesehatan saja. Dan Nesya berharap agar peringatan hari gizi nasional ini bukanlah sebagai ceremony rutin semata. Melainkan harus ada yang kita refleksikan agar masalah kesehatan dapat kita perbaiki bersama.


#nesya


Tidak ada komentar:

Ribet nikah di Binjai ? BINJAI punya prosedur menikah yang berbeda ? Pertama di INDONESIA

oleh : Nesya A. Simamora         Judul diatas sebuah pertanyaan atau pernyataan dari kamu ga sih ? mungkin bakal penasaran kenapa aku ...